annisa saputri
Blog Universitas Komputer Indonesia

Konvergensi Media di Era Globalisasi

Konvergensi Media di Era Globalisasi
Seiring dengan perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology / ICT) yang terjadi di dunia telah mengakibatkan berbagai perubahan dalam kehidupan kita. Saat ini, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi melalui jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain, baik berada dalam satu negara maupun berbeda negara. Informasi ini dapat di akses secara cepat dan lengkap.
 
Di era globalisasi seperti ini banyak media komunikasi yang tersedia di masyarakat. Dari media analog seperti radio maupun media digital seperti televisi. Keanekaragaman media ini mendorong terjadinya konvergensi media dalam bidang teknologi komunikasi. Konvergensi Media, yakni pengabungan antara media komunikasi tradisional dengan media internet. Konvergensi menyebabkan perubahan radikal dalam penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi baik visual, audio, data dan sebagainya. (Preston, 2001).
 
Hal terpenting dari konvergensi adalah digitalisasi, karena seluruh bentuk informasi mengalami perubahan dari format analog ke format digital. Dengan adanya perubahan ini, mengakibatkan penciptaan produk yang mengaplikasikan fungsi audio visual dan juga komputerisasi. Sebagai contoh telepon genggam yang dapat berfungsi sebagai televisi, mendengarkan musik, memotret dan mengakses internet. Beberapa tahun yang lalu, hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh beberapa peralatan yang berbeda. Tapi, sekarang semua aktivitas tersebut dapat di lakukan hanya dalam satu media yakni telepon genggam. Bahkan kita dapat menggunakan layanan 3G untuk berkomunikasi sambil bertatap muka dengan lawan bicara kita.
 
Karena itu penting untuk diperhatikan bahwa perubahan teknologi komunikasi dan informasi sekarang ini akan terus menuju pada suatu konsep konvergensi. Lalu kabar baiknya adalah segala aspek kehidupan manusia di era globalisasi ini akan selalu berhubungan dengan media berbasiskan teknologi komunikasi dan informasi. Mulai dari anak kecil, pelajar, mahasiswa, orangtua, pebisnis, investor, pemerintah, dan semuanya selalu berhubungan dengan media informasi. Karena itu permasalahan konvergensi ini merupakan permasalahan sehari-hari yang dihadapi oleh manusia di era globalisasi ini. Pebisnis yang mengembangkan usahanya melalui komputerisasi, mahasiswa yang men-download textbook untuk tugasnya, ibu-ibu yang ingin membeli peralatan dapur menggunakan e-banking di Blackberry-nya, dan juga pemerintah yang ingin memberikan pelayanan dengan birokrasi yang cepat, tepat, dan bersahabat dengan menggunakan e-government-nya. 

Sehingga nyatalah bahwa banyak hal dipengaruhi oleh media yang terkonvergensi ini. Perubahan yang telah nyata terjadi dihadapan kita hendaklah bisa dimanfaatkan oleh semua pihak dengan ikut berpartisipasi dalam memajukan daya saing bangsa melalui pemanfaatan konvergensi media ini. Lalu yang lebih penting lagi adalah pemanfaatan segala macam teknologi yang terkonvergensi ini dalam hal produktif dan bertanggung jawab, tidak hanya ikut-ikutan tanpa mengerti dan memahami secara baik permasalahan apa yang terjadi di era globalisasi ini. (infointermedia.com)
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 03 Desember 12 - 04:21 WIB
Dalam Kategori : ICT, GLOBALISASI, KONVERGENSIMEDIA
Dibaca sebanyak : 5119 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback